Nirmana dan Dwimatra
Pengertian dan
Unsur
Nirmana dan Dwimatra
Bentuk
Warna
Nirmana dan Dwimatra
Beserta Gambar dan Contohnya
A.NIRMANA
Nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seni
rupa seperti titik, garis, warna, bidang, ruang dan tekstur menjadi satu
kesatuan yang harmonis/hasil anganangan dalam bentuk dwimatra atau nirmana
datar (dua dimensi) dan trimatra/nirmana ruang (tiga dimensi) yang harus
mempunyai nilai keindahan.
Unsur-Unsur Nirmana
Ada beberapa unsur yang menjadi dasar terbentuknya wujud seni
rupa, yaitu: titik, garis, bidang, bentuk, warna, dan tekstur.
Titik
Titik adalah unsur
seni rupa dua dimensi yang paling dasar (esensial), dari sebuah titik dapat
dikembangkan menjadi garis atau bidang. sebuah gambar dalam bidang gambar akan
berawal dari sebuah titik dan berhenti pada sebuah titik juga.
Garis
Garis adalah suatu
hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda, ruang, rangkaian masa dan
warna. Garis bisa panjang, pendek, tebal, tipis, lurus, melengkung, berombak,
vertikal,
horizontal, diagonal,
dan sebagainya
Bidang
Bidang adalah suatu
bentuk pipih tanpa ketebalan, mempunyai dimensi pajang, lebar dan luas serta
mempunyai kedudukan, arah dan dibatasi oleh garis. Bentuk bidang dapat
geometris, organis, bersudut, tak teratur, dan bulat.
Bentuk
Titik, garis, atau bidang akan menjadi bentuk apabila terlihat.
Sebuah titik betapapun kecilnya pasti mempunyai raut, ukuran, warna, dan
tekstur. Bentuk ada dua macam, yaitu:
1.Bentuk dua dimensi yang memiliki dimensi
panjang dan lebar.
2.Bentuk tiga dimensi yang
memiliki dimensi panjang, lebar, dan tebal/volume.Warna
Warna merupakan kesan
yang ditimbulkan oleh cahaya terhadap mata, oleh karena itu warna tidak akan terbentuk
jika tidak ada cahaya.Terjadinya warna-warna tersebut disebabkan oleh vibrikasi
cahaya putih. Sistem yang paling sederhana untuk mengetahui hubungan warnawarna adalah pada susunan warna dalam bentuk lingkaran warna.
Tekstur
Tekstur adalah nilai raba dari suatu permukaan baik nyata maupun
semu, bisa halus, kasar, licin, dan sebagainya. Berdasarkan hubungannya dengan
indera penglihatan, tekstur dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
1.Tekstur nyata, yaitu tekstur yang jika
diraba maupun dilihat secara fisik terasa kasar dan halusnya.
2.Tekstur semu, yaitu
tekstur yang tidak memiliki kesan yang sama antara yang dilihat dan diraba.
Tekstur semu terjadi karena kesan perspektif dan gelap terang.
B.NIRMANA DWIMATRA
Pengertian :
Dwimatra berasal dari 2 kata
yaitu, “dwi : dua” dan “matra : dimensi”. Jadi, nirmana dwimatra adalah segala
sesuatu yang tanpa makna dan digambarkan di atas bidang dua dimensi. Definisi nirmana adalah
pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visualseperti titik, garis,
warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis.nirmana dapat
diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra, Nirmana
disebut juga ilmu tatarupa. Jika diartikan lebih dalam nirmana
berartilambang-lambang bentuk tidak bermakna,dilihat sebagai kesatuan pola,
warna,komposisi, irama, nada dalam desain. Bentuk yang dipelajari biasanya
diawali dari bentuk dasar seperti kotak, segitiga, bulat yang sebelumnya tidak
bermakna diracik sedemikian rupa menjadi memiliki makna tertentu. Nirmana
berbicara tentang harmoni, keselarasan soal rasa, dan impresi padasebuah
bentuk. Nirmana tidak hanya mencakup 2 dan 3 dimensi saja melainkan menjelajah
sebuah ruang yang disebut dengan ruang maya.
Unsur-unsur Nirmana Dwimatra
Unsur-unsur nirmana dwimatra meliputi :
a Titik
Adalah unsur visual yang ukurannya
relatif kecil, tidak memiliki panjang atau lebar, dan pangkan dari ujung sebuah
garis atau bentuk yang akan dibangun. Titik adalah sebuah bintik yang ada
pada seni rupa, baik itu banyak maupun sedikit tetap juga disebut dengan
'titik'. Dengan Titik kita dapat menciptakan suatu ide untuk mewujudkan unsur
yang baru seperti ; garis, bentuk, atau bidang.
b
Garis
Sebuah titik yang berjalan, jalur
yang dilaluinya adalah garis. Garis adalah sesuatu yang membatasi bentuk dan
menyatakan ruang. Dalam penggunaan, garis memiliki arah horizontal dan vertikal
dan diagonal. Dalam desain, peran garis adalah untuk memberi aksen, pembatas,
atau kolom.
Ruang
Adalah bentuk 2 atau 3 dimensional.
Bidang atau keluasan positif atau negatif yang dibatasi oleh sebuah limit.
Terjadi karena persepsi mengenai kedalaman sehingga terasa jauh dan dekat,
tinggi dan rendah. Bersifat positif dan negatif, datar atau ilusi,. Memiliki
dimensi panjang, lebar, dan dalam.ruang dikatakan datar atau flat bila semua
bentuk terletak diatas bidang 2 Dimensi dalam bidang gambar atau kertas.
e Tekstur
Adalah sifat dan kualitas fisik dari
suatu benda. Kasar, halus, keras, lunak dan sebagainya tekstur terbagi menjadi
2 jenis, yaitu tekstur nyata dan tekstur semu, masing-masing terbuat dari alam
dan ciptaan manusia.tekstur buatan alam yaitu tekstur yang tercipta murni dari
alam, sedangkan tekstur buatan manusia adalah tekstur yang tercipta dari buatan
tangan manusia dan media atau teknik tertentu.tekstur nyata adalah tekstur yang
teraba secara fisik, memiliki permukaan yang khas yang bisa teraba oleh indra
peraba. Sedangkan tekstur semu adalah tekstur yang tidak dapat teraba secara
fisik tetapi secara kasat mata tampak seperti ada tekstur yang dapat diraba.
Komentar
Posting Komentar